Saturday, January 29, 2011

Apa Stretch Marks Bisa Hilang?

Pada kehamilan yang lalu di perut saya timbul stretch marks berwarna gelap. Yang saya mau tanyakan, apa stretch mark di perut saya bisa hilang?? Jika bisa bagaimana caranya dan apa obatnya? Terima kasih.

Jawab:
Stretch marks yang terjadi selama kehamilan atau sering disebut dengan striae gravidarum, terjadi akibat kulit yang meregang melebihi elastisitasnya. Kulit yang meregang tersebut sudah mengalami kerusakan sehingga tidak dapat kembali normal. Sampai saat ini belum ada obat/krim yang dapat mengatasi stretch marks ini. Namun dengan dinding perut yang kembali kencang setelah melahirkan, adanya stretch marks ini dapat tersamar jika dibandingkan dengan dinding perut yang kendur.

Sebenarnya terjadinya stretch marks ini bisa dicegah, dengan cara menggunakan pelembab/body lotion sejak awal masa kehamilan. Mitos yang mengatakan bahwa stretch marks terjadi akibat garukan selama kehamilan juga tidak tepat. Karena gatal tersebut menandakan sudah terjadinya regangan di kulit tersebut dan awal dari suatu stretch marks.

No comments:

Post a Comment

Bagikan ke :