Thursday, February 17, 2011

Latihan untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Tanpa disadari beberapa kebiasaan bisa menyebabkan seseorang memiliki postur tubuh yang buruk. Karena itu ketahui cara-cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk.
Sebuah penelitian baru dari Northwestern University's Kellogg School of Management menuturkan bahwa orang yang memiliki postur tubuh bagus akan memungkinkan untuk bisa berpikir dan bertindak secara lebih baik, seperti dikutip dari Fitsugar, Kamis (17/2/2011).

Postur tubuh yang buruk biasanya disebabkan oleh cara duduk yang salah, sering membawa tas berat, tidur dengan bantal tinggi, sering menggunakan sepatu hak tinggi atau kelebihan berat badan. Dengan postur tubuh yang buruk akan menimbulkan beberapa efek seperti sakit pinggang, nyeri pada punggung dan juga mudah lelah.

Berikut ini beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk seperti membungkuk atau terlalu busung ke depan.

Latihan untuk memperbaiki postur tubuh membungkuk

  • Melakukan beberapa latihan peregangan (streching) secara teratur untuk membantu melebarkan bahu sehingga tidak condong ke depan dan meningkatkan fleksibilitas.
  • Latihlah berdiri dan duduk dengan posisi tulang belakang lurus serta letak pundak dan bahu yang tegak dengan kedua telapak kaki menempel di lantai.
  • Letakkan buku dibagian atas kepala saat berdiri dan berjalan, lengan rileks di samping tubuh dengan posisi bahu tegak. Jika buku terus jatuh maka Anda mungkin perlu membenarkan postur tubuh.
  • Jaga bahu agar tetap lurus setiap saat, karenanya hindari membungkuk dan bersandar ke depan ketika berada di depan komputer.

Latihan untuk memperbaiki postur tubuh yang membusung ke depan

  • Satu hal yang pasti adalah mengurangi duduk, cobalah untuk lebih banyak berdiri sehingga tubuh bagian bawah mampu melakukan peregangan otot. Biasakan bangun setiap duduk selama 15 menit dan melakukan peregangan.
  • Duduklah di kursi dengan lutut membentuk sudut 90 derajat serta menjaga punggung tetap lurus.
  • Lakukan latihan dengan posisi tubuh terlentang lalu tekuk kedua lutut hingga ke dada, tahan posisi ini selama 30-60 detik
  • Selanjutnya letakkan kedua lutut dan tangan dilantai seperti posisi ingin push up, lalu angkat satu lutut ke atas. Lakukan posisi ini secara bergantian untuk kedua lutut hingga merasa lebih baik.

Selain itu sebaiknya usahakan untuk tidak menggunakan kasur yang terlalu lembut, tapi pilihlah kasur yang bisa mendukung posisi tulang belakang. Serta letakkan bantal di bawah kepala dan bukan di bawah bahu.

http://health.detik.com/read................l991101755

No comments:

Post a Comment

Bagikan ke :