Tuesday, February 15, 2011

Tahukah kamu, stres dapat menimbulkan penyakit maag

Apa yang terjadi bila kamu mengalami sakit maag? Sakit pastinya di sekitar hulu hati. Ada yang ngeganjel nusuk-nusuk. Apa kira-kira penyebabnya? Telat makan, makanan yang bersifat pedas atau kecut atau lainnya. Saya menemukan penyebab terbaru yang saya baru dapatkan setelah membaca buku mengenai stres. Mungkin yang sudah tahu akan menilai ini sudah lumrah, namun saya akan memberi informasi bagi yang belum tahu. Siapa tahu dapat mengurangi penyakit maag dalam diri kita.

Stres adalah suatu kondisi di mana keadaan tubuh terganggu karena tekanan psikologis. Biasanya stres bukan karena penyakit fisik tetapi lebih mengenai kejiwaan. Akan tetapi bisa muncul akibat lemah dan rendahnya daya tahan tubuh pada saat tersebut.

Banyak hal yang bisa memicu stres, seperti rasa khawatir, perasaan kesal, rasa letih berlebihan, frustasi, perasaan tertekan, kesedihan, pekerjaan yang berlebihan, terlalu fokus pada suatu hal, perasaan bingung dan rasa takut. Biasanya hal ini dapat diatasi dengan konsultasi kepada psikiater atau beristirahat total.

Sayang, tak semua orang mampu mengelola stres, sehingga banyak penyakit (fisik) yang timbul. Mulai dari maag, liver, jantung, stroke, kanker dan sebagainya.

Maag, penyakit yang kita bahas ini ternyata dapat ditimbulkan dari stres. Sakit maag muncul karena produksi lambung berlebih. Nah, saat kamu stres, tubuh akan memproduksi asam lambung dalam jumlah di atas normal dan juga mengikis lapisan lambung atau mukosa, yang pada akhirnya menimbulkan rasa perih, yang kita kenal dengan penyakit maag.

Untuk itu, jauhi gaya hidup yang dapat memicu timbulnya stres. Bangunlah lebih pagi agar tidak terburu-buru ke kantor / kampus/ sekolah biar tidak terkena macet, berolahragalah secara teratur, jauhi rokok dan alkohol serta selalu berpikir secara positif.

http://asmarie.blogdetik.com

No comments:

Post a Comment

Bagikan ke :