Monday, June 13, 2011

CARA MELAKUKAN SENAM RINGAN DI RUMAH

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat, kita bisa melakukan gerakan-gerakan tertentu untuk mengurangi kekakuan sandi plus melancarkan aliran darah. Coba aja...

SENAM MATA
Terlalu banyak menonton TV atau menatap monitor komputer bisa bikin mata ikutan pegal. Sebaiknya tiap 15 menit mata harus beristirahat, misalnya dengan cara mengedipkan mata dan mengalihkan pandangan dari layar ke pemandangan lebih luas. Biasakan juga meletakkan layar sejajar atau lebih rendah dari pandangan mata atau mengurangi ketegangan saraf mata dan leher.
Jangan lupa lakukan gerakan ini untuk menjaga kesehatan mata:

Gosok kedua telapak tangan hingga terasa hangat kemudian tempelkan pada mata teerpejam. Usahakan telapak tangan rapat tapi tidak menekan bola mata. Setelah melihat kegelapan, geser telapan tangan dari kelopak mata dan lakukan kembali gerakan ini hingga 3 menit.
Tetap pejamkan mata dan pijat kelopak mata secara perlahan dengan gerakan memutar selama 1-2 menit. Tekan tiga jari pada kelopak mata dan tahan 2 detik sebelum dilepaskan. Ulangi 5 kali.
Putar bola mata searah jarum jam kemudian lakukan dengan arah sebaliknya.lakukan gerakan ini 5 kali dan kedipkan mata setiap kali mengakhiri gerakan.



SENAM LEHER
Gara-gara tidur dengan posisi bantal yang salah, timbul rasa pegal di leher. Ditambah lagi bekerja terlalu lama de depan komputer, leher kita sukses makin kaku. Biar gak keterusan, usahakan untuk menggerakkan kepala dan leher setiap dua jam sekali.
Agar otot leher lebih fleksibel dan kuat, lakukan senam leher berikut tiga kali sehari:

Anggukkan kepala ke bawah kemudian dongakkan kepala ke atas sebanyak 5-10 kali.
Tengokkan kepala ke samping kanan, kembali ke tengah,kemudian ke arah sebaliknya sebanyak 5-10 kali.
Putar kepala searah jarum jam dalam 4 hitungan kemudian putar ke arah sebaliknya (tetap 4 hitungan) sebanyak 5 kali.


SENAM BAHU DAN PUNGGUNG
Bahu dan punggung juga gampang pegal kalau terlalu lama mengetik serta duduk di posisi yang sama. Untuk melonggarkan otot tersebut, lakukan stretching dengan cara:

Naik dan turunkan bahu perlahan. Kemudian putar bagian bahu untuk mengendurkan tekanan pada sarafnya.
Julurkan kedua tangan yang saling terkait ke atas kepala dalam 5 hitungan, lalu julurkan kedua tangan jauh ke depan dada dalam 5 hitungan.
Julurkan pla kedua tangan yang saling terkait ke belakang punggung dalam 5 hitungan.


SENAM KAKI
Saat kaki terasa pegal karena terlalu sering memakai sepatu hak tinggi, biasakan setiap dua jam melepas sepatu dan menggerak-gerakkannya supaya kaki dapat bernapas kembali.
Sambil duduk pun kita bisa, kok melakukan stretching pada bagian kaki:

Tekuk kaki kanan dan naikkan ke atas kursi selama 1 menit dan turunkan gerakan yang sama terhadap kaki kiri.
Luruskan kedua kaki dengan telapak kaki yang menukik tahan selama 10 hitungan dan lemaskan, lakukan sebanyak 5 kali.
Putar telapak kaki searah jarum jam dan lakukan ke arah sebaliknya dalam 4 hitungan. Masing-masing sebanyak 5 kali.

No comments:

Post a Comment

Bagikan ke :