Thursday, October 28, 2010

9 Keuntungan Aqua Aerobik

SAAT mendengar kata 'olahraga', yang langsung terlintas di pikiran kita tentu keringat dan haus. Tapi, bagaimana bila berolahraga di dalam air? Mari kita mengenal aqua aerobik yang dilakukan di dalam air.

Aqua aerobik merupakan olahraga yang dilakukan di dalam air sebagai pelengkap ataupun pengganti kegiatan olahraga yang biasa Anda lakukan. Olahraga ini dilakukan di dalam air guna merehabilitasi dan memulihkan tubuh akibat cedera. Selain itu, aqua aerobik sangatlah menyegarkan dan menenangkan sehingga tubuh akan melemas.

Semua orang dapat melakukan olahraga ini, terutama Anda yang menyukai kegiatan di dalam air. Karena dilakukan di dalam air, risiko cedera pun sangat kecil dan satu gerakan di dalam air memiliki efek tiga kali lebih besar ketimbang dilakukan di daratan.

Aqua aerobik dilakukan dengan beberapa tahapan dan disesuaikan dengan berat badan orang yang bervariasi. Berat badan kita yang berkurang 15 persennya ketika berada di air menjadikan gerakan lebih mudah dan efektif.

Dengan bergerak di dalam air, otot-otot tubuh yang aktif akan mengencang, terutama otot inti yang membantu kita berdiri tegak. Maka itu, pasien penderita arthritis juga bisa mendapatkan manfaat dari olahraga ini. Selain arthritis, ibu hamil dan mereka yang tengah menjalani perawatan pemulihan pascakecelakaan juga bisa melakukan olahraga ini.

Untuk variasi, lakukan gerakan memukul seperti dalam tinju dan tendangan sepak bola. Gerakan yang biasa dilakukan di darat apa bila dilakukan di air akan memeberikan manfaat tersendiri seperti merelaksasi tubuh, mengurangi kekakuan pada daerah pinggang dan rusuk, membantu meregangkan seluruh tubuh dan memperkuat otot lengan dan kaki. Keuntungan lainnya yakni:

1. Berada di dalam air selama 30 menit sama efektifnya seperti berolahraga selama 2 jam di daratan
2. Olahraga di dalam air mampu mengurangi kalori dua kali lebih banyak ketimbang di daratan
3. Menghilangkan rasa bosan dengan selalu melakukan gerakan baru
4. Terapung di dalam air mengurangi risiko cedera
5. Berfungsi sebagai latihan pernapasan yang sangat efektif
6. Berendam di air dapat mengurangi rasa sakit, malah bisa memulihkannya
7. Efektif untuk menurunkan berat badan dengan membakar lemak tubuh
8. Selama musim panas, olahraga ini baik untuk merelaksasi tubuh
9. Tanpa rasa sakit, tak berkeringat, dan lebih menyenangkan.

Penulis : prita daneswari - MI Sehat

No comments:

Post a Comment

Bagikan ke :