Tuesday, October 26, 2010

Lima Cara Alami Usir Morning Sickness pd masa kehamilan

SEBAGIAN besar perempuan hamil mengalami morning sickness, gejala mual muntah selama kehamilan. Diperkirakan sekitar 50-80 persen perempuan hamil mengalami mual, kadang-kadang muntah selama kehamilan. Meskipun mual umumnya lebih terasa di pagi hari, banyak juga perempuan yang mengalaminya sepanjang hari.

Untuk membantu Anda mengatasi gangguan ini, berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan Anda:

Diet

Pola diet berikut dinyatakan membantu meredakan morning sickness:

Makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil, sehingga Anda tidak pernah merasa terlalu lapar atau terlalu kenyang

Hindari makanan berlemak atau makanan yang digoreng

Pastikan menempatkan crackers, roti, sereal atau makanan tawar lainnya tidak jauh dari jangkauan Anda. Cobalah makan beberapa crackers sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari

Kenali semua makanan pemicu mual dan muntah Anda dan berusahalah untuk mengindarinya

Pastikan memperbanyak asupan air, khususnya saat Anda telah muntah. Cobalah minum di selang waktu makan, bukan pada saat makan. Cara ini dilaporkan efektif pada beberapa perempuan.

Akupunktur

Cara ini dinyatakan efektif oleh sebuah studi yang mempelajari 88 perempuan hamil dengan hyperemesis (bentuk morning sickness akut). Dalam studi ini, para partisipan diberikan obat anti mual bernama metoclopramide atau menjalani 4 kali dalam 2 minggu, ditambah akupresur. Kedua cara ini dinyatakan efektif mengurangi keparahan mual dan muntah. Menurut studi, akupunktur lebih efektif dibandingkan obat dalam meningkatkan fungsi psikososial.

Gelang tangan akupresur

Gelang tangan akupresur bekerja dengan menstimulasi titik akupunktur yang dikenal dengan pericardium 6 (yang dalam sisitem pengobatan tradisional China diyakini meredakan mual).

Jahe

Jahe umum digunakan untuk mengatasi morning sickness. Empat percobaan klinis mendukung penggunaan jahe. Dalam studi, para partisipan dianjurkan mengonsumsi total 1 gram jahe per hari, dengan dosis dibagi 2, selama 3 minggu. Jumlah ini setara dengan setengah sendok teh jahe dikonsumsi 4 kali sehari. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk teh dengan cara menyeduh jahe dalam air panas selama 5 menit.

Minyak peppermint

Aroma minyak peppermint bisa membantu meredakan perut mual. Isilah satu mangkuk besar dengan air panas. Masukkan 2 tetes minyak peppermint dan letakkan di atas meja di dekat tempat tidur Anda. Pastikan area tersebut aman sehingga tidak ada risiko air akan tumpah.

Penulis : Ikarowina Tarigan - MI Sehat

No comments:

Post a Comment

Bagikan ke :