Saturday, January 8, 2011

Jadikan Jogging Sebagai Agenda Mingguan Keluarga

Jadwal rutinitas harian keluarga yang padat, menjadi faktor utama penyebab berkurangnya frekuensi interaksi antar anggota keluarga. Hal ini memicu timbulnya berbagai konflik keluarga yang bersumber pada kurangnya komunikasi antar anggota keluarga. Namun tidak seharusnya kita terjebak pada situasi ini. Banyak alternatif cara menyiasatinya.

Salah satu alternatifnya adalah lebih mendekatkan diri dengan anggota keluarga sembari melakukan aktifitas menyenangkan dan menyehatkan. Apabila alternatif ini yang anda pilih, maka realiasinya adalah jogging bersama keluarga di hari libur akhir pekan.

Jogging merupakan aktifitas olahraga yang praktis, murah, menyenangkan, dan tentunya menyehatkan. Praktis karena olahraga ini tidak membutuhkan banyak peralatan. Murah karena tidak memerlukan dana lebih dan hanya bermodal sepatu olahraga ditambah pakaian yang nyaman untuk bergerak. Olahraga ini juga terbilang menyenangkan, karena tidak menggunakan teknik yang rumit serta dapat dilakukan di ruang terbuka sembari menikmati udara segar di pagi hari yang cerah.

Saat kita berlari-lari kecil bersama anggota keluarga, kita dapat memanfaatkan momen terseut untuk tukar pikiran, sharing, atau sekedar ngobrol dengan anak atau pasangan kita. Kita bisa bertanya kepada anak-anak, apakah ada masalah di sekolah atau masalah dengan teman, atau menanyakan aktifitas sehari-hari di sekolah.

Biasanya anak akan lebih terbuka apabila kita berkomunikasi secara santai seperti saat jogging bersama. Anak akan merasa nyaman mengutarakan pikirannya karena merasa sedang berhadapan dengan sosok orang tua yang menyenangkan, bukan berhadapan dengan orang tua yang akan bersiap memarahinya apabila ia bercerita hal yang keliru. Dari sinilah keterbukaan antara orang tua dan anak dapat dipupuk dan dipertahankan sebagai modal pengawasan terhadap segala aktifitas anak.

Komunikasi yang terjalin saat jogging bersama tidak hanya antara anak dan orang tua, namun juga antara suami dan istri. Selain membicarakan perihal anak, suami istri juga dapat membicarakan hal-hal yang tidak sempat dibahas pada saat sibuk bekerja. Seperti permasalahan di kantor suami atau istri, permasalahan keluarga besar, cara mendapatkan pemasukan tambahan, dan topik lain yang harus dibahas bersama. Suasana jogging yang segar dan menyenangkan memberikan efek relax, sehingga ketegangan yang dapat muncul saat membicarakan hal yang cukup serius dapat dihindari.

Sebagai salah satu aktifitas olahraga, jogging memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Saat melakukan aktifitas jogging, bukan hanya tangan dan kaki saja yang bergerak. Seluruh anggota badan seperti kepala, leher, bahu, sekitar dada, perut, hingga pangkal paha juga ikut bergerak. Hal ini terbukti mampu membakar kalori dan memperlancar peredaran darah, sehingga dapat meningkatkan stamina kesehatan keluarga.

Jogging memang bukan olahraga biasa. Bagi masyarakat urban, jogging telah bermetamorfosa menjadi media silaturahmi antar anggota keluarga, bahkan antar komunitas yang lebih luas. Jadi tidak salah apabila kita jadikan jogging bersama sebagai agenda rutin keluarga di akhir pekan.

No comments:

Post a Comment

Bagikan ke :